Wednesday, 1 May 2013

Sukses Turunkan Berat Badan 21 kg


Sudah satu setengah tahun   juga  saya #diet, lebih nyaman sih saya bilang turunin berat badan deh. Saya berhasil turunin berat badan dari 83 kg menjadi 62 kg dalam jangka waktu  6 bulan dan sampai hari ini masih stabil. Tidak ada kenaikan berat badan yang berarti. 



Hasilnya luar biasa sih, sekarang ini, berat badan saya tidak bengkak kembali ke angka fantastis 83, seperti banyak mitos yang beredar , masa-masa diet, berat badan akan turun, tapi setelahnya akan kembali ke angka semula atau bahkan lebih parah. Faktanya ,saya tidak mengalami hal itu. Berat badan sekarang stabil di angka sekitaran 64 - 65 kg.

Bahh.. itu kan naik 3 kg ? Benar.. secara kalkulator memang, tapi secara fisik tidak saudara-saudara. Itu karena massa otot saya yang naik, dengan lingkar celana yang semakin kecil juga loh. Dulu ukuran celana 34+ itupun sesak banget, terakhir beli celana ukuran 30 . Hebat kan ?? ( muji-muji sendiri...ya lah...bangga donk atas pencapaian kerja keras selama ini ). Jadi tidak khawatir sama sekali tentang 3 kg itu, sama sekali tidak berarti. Lagian pas timbangan di angka 62kg, banyak banget yang komentar " Loe  terlalu kurus, ceking ..." Sekarang ini banyak komentar " Lebih berisi yaa .."



Kenapa bisa ?
Kunci utama adalah  Disiplin.
Hanya dengan disiplin , kita bisa mencapai apa yang kita inginkan, disiplin pada diri sendiri dulu deh. Disiplin untuk olahraga teratur, disiplin untuk menjaga pola makan , menjaga metabolisme tubuh, disiplin pada menu makanan, tidur cukup. Karena diri sendiri yang menjalankan, maka... hanya diri sendiri yang menentukan. Bukan orang lain, tidak juga mempunyai Personal Trainer yang super bagus.

Bagaimana?

Inilah metode yang saya lakukan ( adaptasi dari @dennysantoso ) saat melakukan diet dari tahun lalu - sekarang :

1.  Memperbaiki metabolisme tubuh adalah point pertama yang saya lakukan.
- Satu hari makan 5-6 kali.
- Makan pagi :
Pilihan : Roti gandum ( sekenyangnya aja ) , telur rebus, Quaker Oats dan segelas susu berprotein tinggi.
- Antara pagi siang ( sebelum makan siang )
Jika lapar , makan kue kue tradisional seperti : singkong, kue lapis atau roti gandum
- Makan siang
Tidak ada nasi ( kadang nasi merah ), hindari masakan yang digoreng,perbanyak sayur , protein seperti dari ikan dan buah.
Menu favorit : Pecel sayur , gado - gado.
- Sarapan sore
Jika lapar, pilihan saya seperti kue-kue tradisional atau buah.
- Makan malam
Sama seperti makan siang
- Sebelum tidur
Jika lapar harus perut harus diisi, pilihan saya adalah buah atau biskuit dengan segelas susu berprotein tinggi .

2. Olahraga
- Cardio seperti Treadmill dan renang 
- Latihan angkat beban untuk menaikkan massa otot 
- Setiap selesai olahraga langsung minum segelas susu protein tinggi

3. Hindari karbohidrat dan lemak
- Dalam kategori ini adalah nasi, kentang dan segala jenis gorengan

4. Perbanyak protein ,vitamin ,dan gizi lainnya
- Susu protein tinggi dan makanan berprotein tinggi lainnya.
- Buah-buahan
- Sayur-sayuran

5. Minum air putih yang banyak.



Metode ini masih saya jalankan hingga saat ini, bedanya hanya di olahraga saja. Jika dulu, untuk menurunkan berat badan, saya perbanyak di cardio ( lari, sepeda dan renang ) , angkat beban sedikit. Sekarang , saya lebih konsentrasi ke menaikkan massa otot , berhubung otot-otot saya kecil , jadinya kelihatan ceking gitu jadi saya perbanyak olahraga angkat beban .Overall sih, semua masih sesuai dengan saran-saran dari @dennysantoso . Oh ya.. untuk menaikkan massa otot, saya dibantu oleh seorang Personal Trainer handal , Bang Tigor, disalah satu tempat fitnes ala rumahan, terletak disalah satu sudut kota di Jakarta Utara.

Selain itu, hingga saat ini, saya hampir tidak pernah makan nasi. Saya masih mengurangi asupan karbohidrat yang tinggi. Tapi , tetap ada konsumsi karbohidrat juga, saya peroleh dari roti gandum atau biskuit , roti biasa ( tidak dianjurkan , paling bagus memang roti gandum). Jarang sekali makan yang berminyak seperti gorengan dan makanan yang  mengandung banyak lemak lainnya.

now - 65 kg
Dan hasilnya memuaskan walaupun belum mencapai hasil maksimal. Masih butuh kerja keras untuk bisa mendapatkan yang lebih maksimal, punya otot yang lebih kencang dan tampil lebih kece gitu. Masih butuh disiplin diri yang tinggi , beban mental yang kuat , tekad yang bulat. Bayangkan saja, lemak yang sudah saya timbun dari kecil sampai sekarang, sudah puluhan tahun. Butuh waktu juga dong untuk menetralisirkan, mari kita pakai cara alami saja, ini akan jauh lebih sehat,akan lebih sempurna dan lebih tahan lama. Amin...

Bagaimana dengan Anda??  Tertarik??

With Love,

Husin Peng
-----Semoga Semua Mahluk Hidup Berbahagia-----

41 comments:

  1. wah.. salut banget sama ka Husin, aku punya kakak kelas, ka Jonathan, yg punya badan gendut dan lagi berusaha turunin berat badan juga (meski belum terlihat maksimal).
    Aku izin copas tipsnya ya kak, buat di email ke dia xD
    hehee.. semoga aja dia nanti berberat badan normal kayak ka Husin dan cowo kebanyakan :D xoxo @cit_mayZ

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah berkunjung... semoga bermanfaat ...

      Delete
  2. Luar biasa! cerita ini membuktikan segala sesuatu yg di lakukan dngn serius pasti akan membuahkan hasil. sayangnya hnya beberapa org saja yg dpt melakukan itu. sisanya? ingin brhasil tapi tanpa usaha. semoga bisa menginspirasi orang2 yg ingin mnurunkan BB. salam :) @RusydaAndini

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuihuuu.... disiplin diri dan tekad yang bulat..

      Delete
  3. Keren banget, jarang ada yang bisa sekonsisten ini ngejalanin dietnya.. patut di contoh :)

    @ishavanisa

    ReplyDelete
  4. Hebat, banyak orang diet dg berbagai cara bahkan dg sangat Ekstrim padahal diet sangat mudah yg terpenting kedisiplinan menjaga pola makan dan hidup sehat aja ya.


    @AlfanRenata

    ReplyDelete
  5. wow, tanpa makan nasi sama sekali? inspiring! Aku dulu pernah coba pake raw juice, kak. lumayan buat membuang toksin, dan beberapa teman yang menggunakan raw juice secara berkala sampai 3bulanan, bisa turun berat badannya. kalo aku cuma nyobain seminggu ga kuat :D soalnya lepas nasi sama sekali, jadi dibanyakin raw juice. ternyata lemes kalo buat aktivitas :))

    untuk lebih bagusnya sih memang dibantu sama olahraga ya. cuma kaget aja sih, kok bisa ya tetap normal sampai skrg? berarti memang no gorengan ya? aku paling susah nahan buat makan coklat. hahaha :D

    makasih tipsnya, kak. nanti aku cobain deh. moga bisa turun. ^^ @ila_rizky

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya harus atur pola makan, menu makan.. intinya sih atur metabolisme tubuh saja...

      Delete
  6. Turun 21 kg dalam waktu 6 bulan? Ah, pasti bercanda, pikirku. Namun setelah membaca tulisan ini secara runut, aku jadi manggut-manggut. Bila disiplin, memang bukan mustahil kita bisa mencapai berat ideal. Sedikit banyaknya, tulisan ini telah menginspirasi diet yang juga tengah kujalani sekarang ini. Disiplin, itulah yang kutekankan pada diri sendiri. Awalnya aku menjalankan diet dengan cara jarang/sedikit makan. Ternyata setelah membaca tulisan ini, aku tahu aku telah salah. Aku tetap harus makan, pikirku. Aku mengganti nasiku dengan oat. Karena tidak punya susu protein tinggi di rumah, aku menggantinya dengan makan tempe rebus sebagai sumber protein. Hanya olah raga yang masih sulit kulakukan secara rutin.
    Alhamdulillah, dalam waktu 2 bulan ini, bobotku berkurang 7 kg, dari 70kg. Semoga bisa mencapai 55kg dalam beberapa bulan lagi. Makasih ya... :)
    @kakaakin

    ReplyDelete
    Replies
    1. gutlak yaa.. semoga berhasil... banyak menu yang berkadar protein kok.. ayam , ikan juga protein tinggi.. tapi jangan digoreng. lebih bagus dikukus/rebus gitu..

      Delete
  7. Eh ntu beneran lu Peng?? Baru tau gw lu Mr.Big pd jaman dahulu kala..kl gak liat ntu poto kayaknya gak percaya deh!
    Gilaa!! Bisa nurunin sampai 21kg dlm 6bln?? saluuut bangeet! pasti butuh tekad yg kuat bgt tuh, biar bisa tampil kece yah!
    Sy jg pernah ngalamin masa2 dmn BB kayaknya gak layak buat gw, en gw berusaha buat nurunin..hasilnya cuma turun 2kg eh bsknya naik lg sekilo, begitu terus slama berthn2. Hingga suatu saat gw mengalami 'makan ati' yg buat BB turun sampe 8kg..*sengsara yg bikin turun BB hehehe
    Hingga saat ini BB tetep diangka segitu, pengennya turun lg 2kg baru deh normal, tp segini jg gpp lah :)
    Smoga sukses dgn diet yg sehat ya Peng!
    @DewiSulistiawty

    ReplyDelete
  8. Kalau ngeliat mas Husin pas ketemu di acara Srikandi Blogger kemarin itu, saya ga tau klo sebelumnya mas Husin itu gemuk :D
    apalagi yg di poto pertama udah kayak bapak2 gemuknya, dan pertama liat kemarin itu ga keliatan bapak2 sama sekali (bukan muji loh :D)

    Klo mas Husin mau menurunkan berat badan, saya justru pengen gemuk dan menambah berat badan..hehehe.

    @margeraye

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaahaaa... caranya sama mbak... perbaiki metabolisme tubuh... temanku berhasil jugaaa loh...kurus jd gemukan...

      Delete
  9. Aduh nasi itu makanan faforit dan wajib. Bahkan ada yang bilang 'kalau belum makan nasi itu artnya belum makan'. Tetapi Pak Husin bisa melakukannya untuk mencapai tujuan penurunan berat bada. Keren. Salut untuk displinnya. :)

    ReplyDelete
  10. huaaa thanks artikelnya menarik banget, kudu di coba, thanks yah

    ReplyDelete
  11. saya tertariiik ... >.<
    gak tahu kenapa, dengan tinggi 158cm, BB saya yg 50Kg terasa gendut >.< Padahal kasat mata sih tidak. Apalagi saya suka pakai baju hitam yang fungsinya 'menguruskan' sang pemakai. Apa ini sebuah kelainan?

    Saya juga sampai diet loh. Caranya hampir sama dengan Anda:
    1. Makan --kurangi nasi--
    Saya makan oat, awalnya ingin muntah, gak enak bangeeeet >.< Seperti ada lendir dan dedak yang tersisa di mulut. Karena yang paling bagus oat yg rasanya 'netral', saat makan saya tambahi bumu mi instan. Juga kadang saya makan dengan kerupuk. Dipikir2, kok aneh? Maunya diet sehat, eh makannya tetap saja dengan pengawet dan gorengan. Bener! Baru seminggu saya makan oat, BB malah naik 2 Kg. WHAAAT?? >.<

    2. Olahraga
    Karena saya bekerja hampir seharian, olahraga yang bisa saya lakukan ialah jalan kaki dan lari. Dampaknya ... betis saya terlihat besar seperti pemain sepak bola >.<

    3. Hindari karbohidrat dan lemak
    Saya suka nyemil keripik, gara2 tekad berdiet, sudah tidak lagi. Saya juga sebenarnya suka kulit ayam yang kaya lemak, tetapi tidak pernah lagi memakannya.

    4. Perbanyak protein, vitamin ,dan gizi lainnya
    Saya hampir setiap hari minum susu 2 gelas, sebab kalau tidak begitu rasanya lemas. Saya hanya makan oat, kalau minum susu tidak dilakukan maka tubuh saya tidak akan kuat.

    5. Minum air putih yang banyak.
    Walau akhirnya doyan pipis, tapi minum air putih enak juga. Khasiatnya terbukti. Badan jadi segar dan kulit jadi tidak 'bersisik' sehingga tidak mudah keriput.

    Benar, memang kunci utamanya harus disiplin! walau susah, tapi kalau sudah terlihat manfaatnya pasti akan terus demikian. Saya juga mau memperbaiki pola diet dulu nih. Terima kasih ulasannya ya, jadi semangat diet!

    @ArthaAmalia

    ReplyDelete
  12. berarti sampe skrg ko husin anti gorengan? oya quaker oat itu dimakan tiap pagi dan setiap hari apa tdk apa apa? yang bungkus merah apa yg biru? saya sdh 4 tahun makan quaker oat tiap pagi, kdg takut juga karena ada pengawetnya kan pasti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika ditanya soal saat ini, sudah 2 minggu ini, saya mencoba ikuti program OCD, tapi tetap olahraga, Soal makanan sudah bebas. Kalo gorengan sihm saya memang agak kurang makan dari dulu.

      Delete
  13. mas saya usia 18 tahun skrg BB 79 Kg saya juga mau menghindari resiko hiertensi.....Nah klo OCD itu gmna ya enaknya....saya dulu pernah 1 bulan turun 3-4kg..tp gak saya terusin.....

    Nah skrg saya OCD lagi baru 2 hari jalan.....dengan pola makan
    1. Makan Pagi puasa sampai jam 11 - 12 siang
    2. Siang : kadang makan sayur pecel banyak tanpa nasi...klon masih laper saya selingi buah2 an
    3. Malam : makan nasi dgn lauk yg penting tidak kenyang sekali....

    Olahraga : setiap hari @ 30 menit dgn olahraga seperti alat sepeda itu....

    Menurut mas saya kurang apalagi dari segi pola makan atau olahraga?? Mohon dijawab ya saya targetnya bisa turun 15kg sudah sangat baik...tp jangan waktu instan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah membaca artikel saya,

      Sebenarnya tergantung dengan kondisi tubuh masing- masing. Jika ditanya , apa yang kurang sih, saya juga bukan ahlinya, saya hanya menjalankan apa yang cocok sama diri saya, setelah lama juga mencoba berbagai metode diet lainnya. Bukan sombong atau tidak mau kasih tau, soalnya lebih baik, konsultasikan ke yang ahlinya. Ulasan saya diatas "mungkin" bisa menjadi rekomendasi buat anda.

      Tapi sejauh ini, jika sudah bisa turun 3-4 kg dalam 1 bulan tentu merupakan hasil yang bagus.

      Mungkin sedikit masukan adalah: tambahkan olahraga dengan permainan alat, hasilnya mungkin bisa lebih maksimal.

      Untuk OCD, Anda bisa cari info yang lebih detail di website resmi Deddy Corbuzier , atau googling aja. Di sana tentu jauh lebih lengkap penjelasannya.

      Tapi. jika bertanya soal pengalaman saya, saya bisa kasih tau.

      Terima kasih.

      Delete
    2. klo mas pake susu protein apa?

      Nah terus gini mas saya diet OCD nih ceritanya jam 6 sore sudah stop makan...sampai jam 12 siang hari berikutnya.....jam paginya saya pasti olahraga......sebetulnya OCD baik tidak untuk metabolisme...karena berdasarkan tulisan di atas mas makan sampai 5-6 kali...saya sehari cuma makan 2 kali....karena saya juga kena maag kebanyakan makana bikin maag kumat

      Delete
    3. Begini ,

      Saya tidak tahu apakaha OCD itu baik atau tidak untuk metabolisme tubuh manusia, banyak pro dan kontra yang muncul seiring program OCD itu marak dibicarakan. Anda boleh mencari refrensi sendiri di google, termasuk bagaimana Anda menanggapinya, apakah percaya dan mau mengikuti metode OCD atau tidak.?

      Kemudian dari versi saya, jika disimak, saya mengikuti 2 metode diet diluar dari metode diet lainnya yang pernah saya coba dan gagal. Metode pertama adalah seperti pada tulisan saya diatas, menjaga metabolisme tubuh dengan makan 5- 6 kali sehari, dengan " hampir tidak makan nasi" atau mengurangi asupan karbohidrat. Untuk tips dan metode yang saya jalankan , bisa dilihat tulisan saya diatas.

      Dengan metode diatas, saya BERHASIL menurunkan berat badan maksimal 21 kg, dan saya rasa sudah CUKUP. Karena sudah banyak masukan dari orang- orang sekitar, yang bilang sudah cukup , bahkan sudah terlalu kurus.

      Posisi berat badan saya yang sudah turun maksimal itu, saya maintance, terkadang saya sengaja naikkan berat badan saya, biar tidak kelihatan terlalu kurus dan ceking. Akhirnya saya putuskan di angka 64- 66 kg, naik turun disekitar angka itu. Keadaan ini berlangsung hingga 1 tahun lebih. Satu hal lagi yang perlu diketahui, saya tetap olahraga ( memakai beban ) , alhasil, berat badan saya naik di posisi 65 kg- an, tapi lingkar pinggang, perut dan lainnya tidak ikut besar. Itu dikarenakan massa otot saya yang naik berkat latihan beban. Karena itu, saya sarankan , jika memang mau, lebih baik dibarengi olahraga beban, sehingga berat badan kamu menyusut tapi massa otot kamu naik, jadi tidak kelihatan kerempeng atau loyo.

      Baru, sejak OCD heboh , saya coba. Untuk bulan pertama , tidak ada hasil signifikan. saya sadar, berat badan saya tidak bisa turun maksimal lagi. Karena saat itu, yang harus saya lakukan adalah naikkan massa otot ( bukan untuk kekar atau seperti binaraga,cukup seimbang saja ).

      Dan karena saya , suka sekali sama makan , saya pikir OCD cocok untuk saya. Benar saja, makan dan minum sesuai selera, tidak membuat berat badan saya naik. Cenderung stabil bahkan mulai turun, tetap dibarengi dengan olahraga.

      Anda bisa lihat postingan saya belakangan ini tentang travelling. Selama 11 hari perjalanan saya, saya tetap OCD tapi bisa makan dan minum apa saja. Tidak dibarengi olahraga. Hasilnya setelah kembali ke Indonesia. Berat badan saya naik 3 kg. Tidak stress. Jalani OCD , selama 1 bulan , saya kembali turun 5 kg. Tidak olahraga,

      Sudah 2 bulan ini , saya tidak sempat olahraga, tetap OCD, berat badan tetap stabil. tapi merasa, loyo dan tidak enak aja.

      Untuk itu, saya tidak bisa bilang , metode mana yang baik atau tidak. Itu tergantung dari kamu. Intinya adalah DISPILIN. Tentang protein apa, cantumkan alamat email kamu disini, saya tidak akan publishkan. Jadi kedepannya, ada yang ingin kamu tanyakan ttg pengalaman saya, via email saja.

      Balasan seperti ini sama seperti buat postingan 1 artikel. hee...

      Gud Luck

      Delete
  14. tahun lalu berat saya 95kg kebetulan ada acara donor darah di kantor terus coba ikutan ga tau ngaruh apa ga abis donor berat saya pelan tp pasti turun skrg di angka 80 kg dan stabil diet sie ga cuma ga makan malem sama sekali...#just share aja... ^_^

    ReplyDelete
  15. Aku lagi ingin naikin berat badan, bukannya menguruskan badan, hehe. Tapi rencananya mau pakai produk Herbalife. Jadi nggak meraba-raba sendiri harus ngapain-ngapain.. Tinggal jalanin program yang sudah ada :-)
    Salut sama kerja kerasnya. Apalagi di bagian olah raga teratur. Gak semua orang bisa disiplin.
    Salam hangat,
    chalwoo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga berhasil ya.. sedikit tips sih buat mbak.... mau naikkan berat badan sebenarnya sama saja. Disiplin menjaga metabolisme tubuh... temanku berhasil juga dgn cara ini...

      Ya goodluck aja ya dgn cara mbak..

      Delete
  16. sy juga jalani diet penurunan BB, awal sebelum diet BB sy 67, lalu stelah program diet BB saya turun jadi 55 dlm wkt 3 bln, memang saya kurang disiplin waktu diet, sy masih suka makan gorengan meskipun jarang, soalnya krn udh terbiasa sm yg namanya gorengan terasa berat bgt klo smp hrs sm sekali gak makan. diet yg saya jalani saya imbangi dgn olahraga (senam aeorbic, lari, rpm, body pump & body vive). sebenarnya klo smp hari ini saya masih rutin olahraga, apakah boleh masih makan gorengan? krn saya pikir minyak yg masuk ke tubuh akan hilang klo saya barengi dgn olahraga..pls sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaahaaa... hidup itu harus happy... hidup itu harus dinikmati. Lahh makan adalah salah satu cara utk nikmati hidup. Mau makan ya makan saja mas... yg penting bisa seimbang kecuali tujuan mas adalah body shape atau mau jd binaraga. Harus benar2 ekstrem.

      Balik lagi ke mas sendiri... kalo aku..mah skrg makan aja apa yg aku ingin mkn.. gorengan memang jarang sekali atau hampir tak pernah dlm setiap 2 minggu. Krn memang Tubuhku kurang cocok ama gorengan.. gampang panas dalam.

      Utk nasi aja... aku skrg sdh mulai makan.. nasi putih pula itu....

      Jadi.. enjoy life aja mas... diet buat enjoy hidup..diet itu masing2 punya tujuan..

      With love...

      Delete
  17. Mas Husin mau tanya nih...

    kmrin minggu nyoba daftar gym + instruktur....disruruh pola makan dikurangi 3x

    Pagi : teh/kopi tanpa gula
    Siang : beef / ikan bakar + sayur tanpa garam
    Malam : Dada ayam + sayur + buah

    Mau tanya aja sih pola makan kayak gitu....itu dilakukan 13 hari ( Waktu program diet) klo udah selesai program itu bisa makan biasa asal kurangi nasi putih.....

    bisa reduce 5-7 kg......katanya sih pola makan selama 13 hari selama program biar diet nya gak yoyo gitu ...

    Monggo mas dikomen apa setiap personal trainer punya cara sendiri ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maap.. baru balas.. ini baru sempat buka blog...

      Untuk pola makan, saya punya metode tersendiri seperti yang sy kupas pada artikel saya, nah karena saya bukan ahlinya pada bidang ini, juga bukan ahli gizi, saya tidak kasih komen apapun terkait metode yang diberi oleh instruktur anda.

      Saya hanya bisa share sesuai dengan pengalaman saya sendiri. iya setiap orang punya metode nya msing-masing. kalo saya, cocok dengan metode yang saya jalankan...

      Makasih sudah berkunjung..

      Delete
  18. Mas saya mau tanya , apakah kalo saya diet mkan nasi gpp? Tapi dlm porsi yg sedikit. Trus olahraga apakah hrus rutin tiap hari ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya sudah berkunjung...

      jika untuk metode, sudah sangat jelas pada artikel saya. nah soal porsi nasi, makan nasi atau tidak dan latihan, itu mah tergantung masing-masing. yang artinya adalag DISIPLIN dan kemauan diri paling penting...

      Delete
  19. Mas saya mau tanya , saya diet tpi msih mkan nasi tapi dlm jumlah porsi yg sedikit. Mnurut mas apakah gpp? Dan apakah olahraga hrus di lakukan tiap hari?
    Dan saaat ini berat bdan saya 68 say pengen menjadikan 55 , bisakah mas memberi saran yg baik buat tips diet saya?
    Terimakasih mas mhon saran nya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry , saya baru balas, baru bisa buka blog...

      jika anda memang ingin turunkan berat badan, anda boleh coba metode saya seperti pada artikel saya. paling penting adalah disiplin diri. semua balik lagi pada diri masing masing. olahraga setiap hari, itu sih paling bagus, tapi 3 kali seminggu juga cukup, nah tergantung pada tujuan kamu apa dulu, turunkan berat badan doank, atau mau bentuk otot juga...

      Delete
  20. saya mau bertanya nih mas, sayakan wanita ya saya baru berumur 14 tahun, tapi saya ingin sekali memiliki berat badan yang ideal seperti yang lain, saya sudah melihat artikel mas di atas itu makan 5-6 kali sehari di barengi berolah raga ?! tetapi kenapa ya saya makan 2 kali sehari di barengi olahraga lompat tali tetapi hasilnya nihil (0). kira-kira porsi untuk umur saya seberapa ya mas ? mohon di jawab . terimakasih

    ReplyDelete
  21. mas saya ingin bertanya, saya inikan wanita baru berumur 14 tahun sayakan memiliki berat badan besar saya ingin melakukan diet agar mempunyai bentuk tubuh seperti wanita sebaya saya, saya sudah melihat artikel mas di atas, diatas tercantum 5-6 kali makan dalam sehari dibarengi olahraga, tapi kenapa ya saya makan 2kali sehari tanpa makan malam dibarengi olahraga lompat tali tetapi hasilnya nihil (0). menurut mas, diet yang baik untuk usia saya itu porsinya bagaimana ? tolong dijawab ya mas terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah berkunjung k blog saya.
      Okey.. sekali lagi saya bilang, saya bukan ahlinya, saya hanya merasa metode yang saya lakukan cocok untuk diriku dan berhasil , untuk orang lain , saya belum tahu, Tapi saya berharap metode yang saya share bisa bermanfaat bagi orang lain.

      Karena mbak tanya ttg artikel saya, maka saya akan bilang, mbak tidak ikuti semua metode saya sesuai artikel saya mbak. kok makan nya cuma 2 kali doank, dan bukan masalah makan malam mbak, justru harus makan malam,. untuk olahraga, bisa tidak kalo mbak ganti jadi jogging pagi atau lari , saya rasa lebih efektif ketimbang lompat tali.

      untuk metode , coba simak deh, semua yang saya tulis, dari pagi sampai malam. Satu hal adalah,, disiplin dan niat yang kuat, saya yakin, mbak pasti bisa.

      itu dulu ya, kalo ada yang kurang paham ttg metode saya, boleh tanyakan lagi, tapi ini versi saya ya... atau kalau mau cepat respon, boleh mention aku di @ahook_

      thanks.. good luck...

      Delete